MEMERIKSAHASIL PERAWATANPC

DAFTAR ISI:
KATA PENGANTAR ……………………………………….
PERISTILAHAN / GLOSSARY
PENDAHULUAN
Kegiatan Belajar1 : Memeriksa hasil perawatan PC
Kegiatan Belajar 2 :Tool atau program check Komponen
Rangkuman………………………………………..
DAFTAR PUSTAKA………………………………

KATA PENGANTAR
Melakukan Perawatan PC
Merupakan bahanajar yang digunakan sebagai panduan praktikum peserta diklat SekolahMenengah Kejuruan (SMK) untuk membentuk salah satu bagian darikompetensi bidang keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi padaProgram Keahlian Teknik Komputer dan Pengelolaan Jaringan.Modul ini menguraikan tentang langkah-langkah yang diperlukan untuk perawatan PC dimulai dari persiapan yang membahas tentang Melakukan perbaikan dan/atau setting ulang system PC.

PERISTILAHAN/GLOSSARY
Disk cleaner : cairan yang digunakan untuk membersihkanhead pada diskdrive
Floopy drive / diskdrive : merupakan komponen komputer yang digunakan untuk penggerak floopy atau diske tsebagai media penyimpan data
Scandisk : adalah tool yang digunakan untuk memeriksa struktur file system
Disk defragmenter : tool yang digunakan untuk mengatur strukturatau tata letak file sehingga akan mengurangi fragmentasi sebuah space hardisk.
VGA card : komponen komputer yang difungsikan untuk mengolah grafik untuk ditampilkan ke dalam layar monitor
CPU :Komponen ini merupakan otak dari komputer,kecepatan dan kecerdasan prosessor tergantung dari kecepatannya
Motherboard : merupakan tempat dari semua komponen komputer terpasang
Expansion card : merupakan komponen tambahan yang terpasang

PENDAHULUAN

Melakukan perawatan PC
merupakan modul teori dan atau praktikum yang membahas tentang langkah-langkah yang diperlukan untuk perawatan PC dimulai dari persiapan yang diperlukan sampai dengan pelaporan hasil perawatan PC yaitu membahas tentang menyiapkan perawatan PC, melakukan perawatan PC, memeriksa hasilperawatan PC dan melakukan tindakan korektif serta melaporkan hasil perawatan PC.Dengan menguasai modul ini diharapkan peserta diklat mampu melakukan perawatan PC

Kegiatan Belajar1: Memeriksa hasil perawatan PC.
Setelah mempelajari kegiatan belajar ini pesrta diklat mampu mengetahui tool atau program yang digunakan untuk mengecek kondisi komponen PC.
Kondisi yang perlu diketahui dari komponen.
Dalam mendiagnosis kerusakan pada komponen komputer, terlebihdahulu perlu diketahui keadaan normal dari komponen tersebut.Berikut kondisi dari masing-masing komponen yang perlu diketahui:
a) Casing
Casing komputer jarang mengalami gangguan karena fungsinya hanyasebagai tempat atau pelindung dari komponen komputer. Sehinggakondisi yang perlu diperhatikan terletak pada kekuatan dan keindahandari case komputer. Selain itu dalam sebuah case masih terdapatbeberapa komponen seperti fan, saklar dan led indikator. Untuk mengetahui kondisi dari komponen ini perlu dilakukan pengecekanlangsung di dalam case komputer. Perlu diperhatikan kabel saklar danled perlu ditata atau diikat dengan rapi . Kebersihan dari case perludiperhatikan karena case sangat mudah kotor dari debu dan sarangserangga.

b) Diskdrive
Untuk mengetahui kondisi diskdrive dapat dilakukan dengan mencobamemasukkan disket. Pastikan disket yang digunakan adalah disketyang bagus dan sudah di coba di diskdrive yang masih bagus. Hasildari pembacaan disket dapat diamati dari lama tidaknya membaca disket. Jikapembacaan file cepat dan suara yang dihasilkan halus maka disk drivedipastikan masih bagus. Dan jika suara yang dihasilkan sangat kerasdan sering mengalami kegagalan dalam membca file, diskdrive sudahmengalami gangguan sehingga perlu dilakukan pengecekan. Satu hallagi yang perlu diperhatikan dalam diskdrive yaitu lampu indikator daridisk drive. Lampu indikator ini hanya menyala jika sedang mengaksesdiskdrive saja. Jika diketahui lampu diskdrive tidak menyala saatmengakses floppy atau menyala terus walaupun tidak mengaksesflooppy maka dapat dipastikan diskdrive mengalami gangguan.
c) CD ROM atau CD RW
Untuk mengetahui kondisi CD ROM atau CD RW masih baik atau tidak,dapat dilakukan dengan memasukkan CD. Dengan memperhatikankecepatan membaca file dan suara yang dihasilkan ketika membacasebuah CD dapat diketahui CD ROM atau CD RW masih baik atautidak. Suara yang bising dan kadang ada suara “krak” perludiperhatikan kondisi dari CD-ROM atau CD-RW sudah mengalamigejala kerusakan pada bagian mekanik. Sedangkan jika CD mengalamigangguan ketika membaca CD dapat diakibatkan oleh optik kotor ataumengalami kerusakan.

d) Hard disk
Kondisi hard disk dapat dilihat dari dua sisi yaitu software danhardware. Namun untuk keakuratan dan ketepatan lebih baik jikadigunakan software. Dari sisi hardware hanya dapat diketahui kondisihard disk jika sudah mengalami gejala kerusakan yaitu dari suara harddisk yang mulai berisik saat diakses. Sedangkan dari sisi softwaredapat diketahui kondisi hardware secara lebih mendalam meliputikondisi ruang kosong hard disk, fragmentasi file, dan ada tidaknya bad sector pada hard disk. Untuk mengetahui kondisi hard disk dapatdigunakan tool yang sudah tersedia dalam sistem operasi windows,yaitu scandisk dan disk defragmenter

e) VGA Card
Kondisi yang perlu diperhatikan untuk VGA Card yaitu denganmemperhatikan putaran fan pada chipset VGA card tetap lancar tanpaada bunyi yang berisik. Sedangkan untuk sisi software dapatdigunakan tool direct X, dengan tool ini dapat diketahui ada troubleatau tidak.

f)Memori
Untuk memastikan RAM terpasang dengan benar pastikan tidak adanya bunyi 1,2,dan 3 beep untuk AMI bios, 1-4-1, 14-2, atau 2 beepuntuk bios phoenix. Selanjutnya setelah setelah sistem dapat berjalandengan normal hal yang perlu diperhatikan adalah penggunaanmemori oleh sistem. Dengan sebuah tool seperti freeRAM xp pro dapatdiketahui kondisi ruang kosong dari RAM, dengan tool ini dapatdilakukan penyegaran terhadap RAM atau pembersihan RAM dariprogram yang tak terpakai sehingga RAM dapat bekerja optimal.

g) CPU (Central Processing Unit)
Kondisi CPU yang perlu dipantau adalah penggunaan resource dansuhu pada prosessor tersebut. Untuk suhu prosessor dipengaruhi dariheatsink dan fan yang digunakan. Untuk itu kondisi heatsink harusdipastikan menempel erat dengan prosesor, sedangkan untuk fanharus dipastikan dapat berputar dengan lancar dan memiliki puratanminimum 5400 rpm. Satu hal lagi yang sangat penting adalahpenggunaan tegangan pada prosesoor atau sering disebut VCORE. VCORE harus dalam lingkup toleransi, karena jika tegangan kurangatau lebih akan bermasalah pada CPU, semua kondisi di atas dapatdilihat dalam BIOS khususnya pada menu hardware monitor atauuntuk motherboard tertentu sudah menyediakan tool untuk memantaukondisi dari suhu dan tegangan prosesor.
di soundcard dilengkapi dengan tool untuk mengatur level akselerasi dari hardwaresound. Test directsound juga terdapat dalam menu ini untuk mengetahui dukungan hardware dengan akselerasi yang rlu dipantau adalah penggunaan resource dansuhu pada prosessor tersebut. Untuk suhu prosessor dipengaruhi dariheatsink dan fan yang digunakan. Untuk itu kondisi heatsink harusdipdisediakan.
h) Power supply
Untuk kondisi power supply yang perlu diperhatikan adalah tegangankeluaran 12 volt dan 5 volt nya. Untuk mengetahui tegangan ini dapatdigunakan multimeter atau dengan melihat dalam BIOS khususnyapada menu hardware monitor.

i) Motherboard
Kondisi yang perlu diperhatikan dalam motherboard adalah suhu danfungsionalitas sistem itu sendiri. Untuk suhu dapat diketahui darihardware monitor atau mengunakan tool bawaan motherboard.Sedangkan untuk fungsionalitas sistem dapat diketahui dengan melihattampilan hasil pada device manager
j) Expansion card
Kondisi secara umum yang perku diketahui pada expansion cardadalah posisi expansion card yang telah terpasang dengan sempurnapada pca slot ISA atau PCI dengan benar. Jika komponen ini telahterpasang dengan benar maka komponen tersebut akan terdekteksioleh sistem, dan selanjutnya tinggal menginstall driver yang sesuai.Komponen yang sudah dikenal oleh sistem akan otomatis terdeteksidan dapat digunakan oleh sistem PC.

2) Tool atau program check komponen
a) Bios
Bios merupakan firmware yaitu sebuah tool yang telah disediakandalam motherboard. Cara untuk masuk kedalam bios tergantung darimerk bios yang digunakan. Untuk jenis bios AMI AWARD denganmenekan tombol Del saat start komputer, sedangkan untuk bios yanglain dengan menekan F2 atau F1(tergantung optional di BIOS). Biosdapat digunakan untuk mendeteksi hard disk yang terpasang dandapat juga digunakan untuk mengetahui kondisi suhu dari CPU, danmotherboard. Selain mendeteksi suhu dapat juga digunakan untuk mendeteksi kecepatan putaran fan CPU dan FAN system motherboard.Tegangan juga dapat diketahui dari bios, tegangan yang dapatdimonitor adalah tegangan pada CPU atau VCORE serta, tegangan 3.3volt, 5.0 volt dan tegangan 12 volt.

c) Disk defragmenter
Disk defragmenter merupakan tool bawaan windows, tool inidigunakan untuk merawat hard disk dari file yang terfragmentasi. Fileyang terfragmentasi akan mengurangi space hard disk dan akanmemperlambat sistem.Gambar 38. Tampilan Hasil Disk Defragmenter
d) DirecxtX
DirectX digunakan untuk mendiagnosis secara keseluruhan komponenyang berhubungan dengan multimedia, seperti VGA card, soundcard,dan LAN card. Selain digunakan untuk mengetahui kondisi di atasdirectX juga dilengkapi dengan tool yang mampu digunakan untuk mendiagnosa sebuah komponen dalam kondisi trouble atau tidak.Untuk VGA card dilengkapi dengan test directdraw dan test direct3D,
e) Scandisk
Scandisk digunakan untuk melakukan perawatan hard disk dan system,meliputi: file alocation table, struktur file, ada tidaknya bad sectordalam hard disk. Tool ini akan otomatis dijalankan saat start ketikaterjadi unclean shutdown akibat gagal listrik atau salah menekan tombol power. Setelah terlihat gambar di atas maka akandisediakan pilihan untuk memilih drive apa yang akan discan dan juga terdapat dua pilihan jenis scan yang diberikan yaitu standard formatdan trough format. yang error, sedangkan through digunakan untuk men-scan file dan folder dari error.

Rangkuman
1) Untuk melakukan perawatan PC terlebih dahulu harus mengetahuiinformasi komponen yang terpasang pada PC. Informasi ini dapatdilakukan dengan menggunakan software utilitas/tool yang tersediapada windows ataupun software yang disertakan oleh vendornya.
2) Beberapa tool yang digunakan untuk mengecek komponen PC:
- Device Manager
- Bios

DAFTAR PUSTAKA
Fransiskus Simatupang TKJ 1,2012
PC Guide version 2.2.0
http://www.pcguideFranzTupank.com SB. 2012.
Troubleshooting Your PC
PT.SMK 1 POHAN TONGA Media Komputindo. Jakarta.Human Resource Development Team, 2012

About these ads