KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis ucapkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang senantiasa menyertai kita semua, terutama dalam penyusunan makalah ini.
Makalah ini berjudul “ Program Semester” yang penulis susun berdasarkan bantuan buku lain dan juga dari internet untuk memenuhi tugas yang diberikan oleh dosen pembimbing.
Dalam kesempatan ini, penulis tidak lupa mengucapkan kepada semua pihak yang telah membantu penulis didalam menyusun makalah ini. Penulis sepenuhnya menyadari bahwa makalah ini tidak lepas dari banyak kekurangan dan masih jauh dari kesempurnaan. Untuk itu, penulis mengharapkan saran ataupun tanggapan dari pembaca dan juga dosen pengasuh, demi kesempurnaan makalah ini dikemudian hari. Akhir kata, semoga makalah ini mempunyai arti dan dapat menambah wawasan pembaca.

Silangit, juli 2011

Penulis

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar belakang
Di dalam pembelajaran yang dinamakan pemikiran sangatlah dibutuhkan. Khususnya di dalam perkuliahan, mahasiswa harus dapat mendeskripsikan implementasinya. Implementasi merupakan suatu proses penerapan ide, konsep, kebijakan, atau inovasi dalam suatu tindakan praktis sehingga memberikan dampak, baik berupa perubahan pengetahuan, keterampilan maupun nilai dan sikap.
Berdasarkan uraian diatas, dapat dikemukakan bahwa pembelajaran dan penilaian adalah operasionalisasi konsep KTSP yang masih bersifat potensial (tertulis) menjadi actual dalam bentuk kegiatan pembelajaran.
Pengembangan KTSP mencakup berbagai pengembangan program yang salah satu diantaranya adalah program semester. Program semester yaitu berisikan garis-garis besar mengenai hal-hal yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam semester tersebut. Program semester ini merupakan penjabaran dari program tahunan.

B. Identifikasi masalah
Sesuai dengan latar belakang masalah yang diuraikan diatas, maka yang menjadi identifikasi masalah dalam makalah program semester mencakup penyusunan suatu program yang disusun berdasarkan kalender akademik atau kalender pembelajaran, penyusunan harus sesuai dengan kurikulum, itu terlihat pada kalender pendidikan hari efektif dan hari yang tidak efektif, dalam penyusunannya apabila jangka panjang, jangka menengah, jangja pendek. Sumber- sumber yang dapat dijadikan bahan pengembangan program semester.

C. Pembatasan Masalah
Untuk mempermudah pemecahan masalah, perlu dibatasi permasalahanya. Pembatasan masalah ini, perlu dilakukan untuk membantu penulis dalam bekerja. Karena sebuah masalah yang dirumuskan terlalu umum dan luas tidak pernah dapat dipakai sebagai masalah penyelidikan. Karena tidak pernah jelas batasan masalah itu. Oleh sebab itu masalah juga perlu memenuhi syarat dalam perumusan batas. Pembatasan ini diperlukan bukan untuk dapat menetapkan lebih dahulu segala sesuatu yang diperlukan untuk pemecahannya, tenaga, kecekatan, waktu dan lain-lain yang timbul dari rencana itu.
Agar penulisan makalah ini dapat mencapai tujuan untuk di tulis penulis membatasi masalah sebagai berikut:
1. Pengertian program semester
2. pengembangannya

B. Rumusan masalah
Salah satu komponen penting dari system pendidikan adalah kurikulum, karena kurikulum merupakan komponen pendidikan yang dijadikan acuan oleh setiap satuan pendidikan, baik oleh pengelola maupun penyelenggara khususnya oleh guru dan kepela sekolah, karena kurikulum dibuat secara sentralistik, setiap satuan pendidikan diharuskan untuk melaksanakan dan mengimplementasikannya sesuai dengan petunjuk pelaksanaan (juklak) dan petunjuk teknis (juknis) yang disusun oleh pemerintah pusat menyertai kurikulum tersebut. Dalam hal ini, setiap sekolah tinggal menjabarkan kurikulum tersebut disekolah masing-masing dan biasanya yang banyak berkepentingan adalah guru. Tugas guru dalam kurikulum yang sentralistik ini adalah menjabarkan kurikulum yang dibuat oleh pusat ( pusat kurikulum/ puskur, sekarang badan standar nasional pendidikan / BSNP) kedalam satuan pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran masing-masing. Di dalam pembelajaran didalamnya ada dipelajari pengembangan program. Di dalam pengembangan program sangatlah banyak program-program yang terdapat didalamnya. Tetapi yang menjadi permasalahan dalam makalah ini adalah program semester.

BAB II
PEMBAHASAN

Pengertian program semester
Pengertian semester bagi guru adalah langkah awal dalam rangka menyampaikan materi kepada siswa siswinya, dengan program semester ini akan terinci apa-apa yang akan dilaksanakan yang berkaitan dengan proses belajar mengajar. Program semester sudah menjadi tugas setiap guru untuk selalu mempersiapkan perangkat pembelajaran setiap bulannya. Tapi kadang-kadang karena kesibukan hal yang seharusnya menjadi prioritas kita menjadi prioritas kita jadi terlewatkan. Jadi wajar saja jika namanya rencana pelaksanaan pembelajaran, program semester, program tahunan biasanya juga akan tertinggal ( menyusun untuk dikerjakan).
Hal-hal yang biasa dilakukan untuk membuat perangkat itu diantaranya adalah melihat, memodifikasi perangkat dari sekolah lain dan yang terpenting adalah menyesuaikan dengan kemampuan sekolah masing-masing. Karena belum tentu sekolah A (pemisalan) mempunyai kemampuan dan kesanggupan yang sama dengan sekolah B. oleh karena itu, perlu jaringan kerja sama antar guru mata pelajaran.
Dengan uraian diatas, program semester berisikan garis-garis besar mengenai hal-hal yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam semester tersebut. Program semester ini berisikan tentang bulan, pokok bahasan yang hendak disampaikan, waktu yang direncanakan, dan keterangan-keterangan.
Untuk menyusun suatu program, baik program tahunan dan program semester harus memperhatikan kalender akademik atau kalender pembelajaran. Pada kalender tersebut akan terlihat hari efektif dan hari yang tidak efektif atau hari libur. Setelah memperhatikan hal tersebut, lalu kita melihat struktur program kurikulum yaitu berapa jam mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia dalam seminggu.

BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
Program semester sudah menjadi tugas setiap guru untuk selalu mempersiapkan perangkat pembelajaran setiap bulannya. Tapi kadang-kadang karena kesibukan hal yang seharusnya menjadi prioritas kita menjadi prioritas kita jadi terlewatkan. Jadi wajar saja jika namanya rencana pelaksanaan pembelajaran, program semester, program tahunan biasanya juga akan tertinggal ( menyusun untuk dikerjakan).
Program semester berisikan garis-garis besar mengenai hal-hal yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam semester tersebut.

B. Saran
Dengan adanya penugasan membuat makalah ini, marilah kita semakin bersemangat di dalam proses belajar mengajar agar apa yang kita cita-citakan dapat tercapai dan juga marilah kita melakukan yang terbaik di dalam kehidupan kita.

DAFTAR PUSTAKA
Depdiknas. 2005. Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: PP no. 19 tahun 2005.
Mulyase, E. 2007. Kurikulum berbasis kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyase, E. 2007.Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

DAFTAR ISI
Kata pengantar
Daftar isi
Bab I
Pendahuluan
A. latar belakang
B. rumusan masalah
Bab II
Pembahasan
Program semester
Bab III
Kesimpulan dan saran
A. kesimpulan
B. saran

Daftar pustaka

About these ads