A. Latar belakang masalah

Bahwa bahasa adalah system bunyi ujar sudah disadari oleh para linguistik. dasar analisis cabang-cabang linguistik apa pun (fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, leksikologi, dan lainnya) fonologi berkosentrasi pada persoalan bunyi, morfologi pada persoalan struktur internal Kajian mendalam tentang bunyi-bunyi ujar diselediki oleh cabang linguistic yang dipandang melalui dua sudut panjang yairu fonetik dan fonemik.
B. Batasan masalah

Sebagai bidang yang berkosentrasi dalam diskripsi Dan analisis bunyi-bunyi ujar, hasil kerja fonologi berguna bahkan sering dimanfaatkan oleh cabang-cabang linguistic.S
C. Tujuan masalah

Bagaimana dalam fonologi dan bidang pembahasannya tentang bunyi ujaran tersebut,bahwa fonologi mempunyai dan cabang kajian yaitu(fonetik)dan fonemik dan mengetahui kedudukan fonologi dalam cabang_cabang linguistic dan mamfaat fonologi dalam penyusunan ejaan Bahasa Indonesia

D. Manfaat masalah
Dalam fonologi Bahasa Indonesia kita dapat memahami konsep dasr fonologi,memahami gambaran umum fonetik,memahami gambaran komunikasi verbal dan memahami kreasifikasi bunyi dan deskripsi bunyi bahasa Indonesia,,dan yang lain_lain yang berhubungan dengan Bahasa Indonesia.
BAB I
FONOLOGI DAN BIDANG PEMBAHASANNYA

Objek utama kajian linguistic adalah bahasa lisan yaitu bahasa dalam bentuk bunyi ujar. dalam praktik berbahasa dijumpai ragam bahasa tulis, dianggap sebagai bahasa sekunder, yaitu “rekaman” dari bahasa lisan. Oleh Karena itu, bahasa tulis bukan menjadi sasaran utama kajian linguistik. Konsekuensi logis dari angggapan-bahkan keyakinan-ini adalah dasar analisis cabang-cabang linguistic. Fonologi yang memandang bunyi-bunyi ujar demikian lazim disebut fonotik Fonologi yang memandang bunyi-bunyi ujar itu sebagai bagian dari sistem bahasa lazim disebut fonemik
Pertanyaan.
1. Fonologi bahasa Indonesia, mempunyai bunyi-bunyi ujar yang dapat dipelajari dengan dua sudut pandang, tuliskan keduanya
Jawab: Pertama, bunyi-bunyi ujar dipandang sebagai media bahasa semata, tak ubahnya seperti benda atau zat.
Kedua, bunyi-bunyi ujar dipandang sebagai bagian dari sistem bahasa.

2. Apa konsenkuensi logis dari fonologi bahasa Indonesia
Jawab: Konsekuensi logis adalah cabang-cabang linguistic apapun berkiblat pada korpus data yang bersumber dari bahasa lisan.

BAB II
FONEMIK : FONEM, DASAR, PROSEDUR ANALISIS

Fonem adalah kesatuan bunyi terkecil auatu bahasa yang berfungsi membedakan makna, masalahnya bagaimana cara mengetahui bahwa kesatuan bunyi terkecil, dasar analisis fonem adalah pokok-pokok pikiran yang dipakai sebagai pegangan untuk menganalisis fonem-fonem suatu bahasa. Prosedur analisi banyak variasi langkah fonem-fonem atau prosedur yang dilakukan para linguis dalam analisi fonem terhadap bahasa yang diteliti.
Pertanyaan
1. Tuliskan prosedur analisi fonem
Jawab: Mencatat korpus data setepat mungkin dalam transferensi fonolis, mencatat bunyi korpus dalam data bunyi dan lain-lain.
2. Apa masalah defenisi fonem dan caranya
Jawab: Cara memngetahui bahwa kesatuan bunyi terkecil yang berfungi sebagai pembeda makna

Perubahan Bunyi Dalam Bahasa Iindonesia
Dalam perubahan bunyi bahasa Indonesia disebutkan bahwa bunyi lingual condong berubah karma lingkungannya.Dengan kata kata lain,perubahan itu dalam lingkup perubahan fonetis.Apabila perubahan bunyi itu sudah sampai merupakan alofon dan fonem yang berbeda,yang disebut dengan perubahan fonemis.
Jenis perubahan bunyi dan bahasa indonesia
1. ASIMILASI
adalah perubahan bunyi dari dua bunyi yang tidak sama bunyinya
2. DISIMILASI
adalah perubahan bunyi dari dua bunyi yang sama atau mirip
3. MODIFIKASI VOKAL
perubahan bunyi vokal sebagai akibat dari pengaruh bunyi lain yang mengikutinya
4. NETRALISASI ZEROISASIMETATESISDIFTONGISASI

Pertanyaan:
1.Coba sebut dua perubahan bunyi dalam bahasa Indonesia dan jelaskan:
Jawab:
1.Perubahan fonetis
Alofon atau varian bunyi dari fonem yang sama.
2.Perubahan fonemis
Alofon dari fonem yang berbeda.
2. Mengapa jenis perubahan bunyi Asimilasi yang tidak sama menjadi bunyi yang sama atau hamper sama berikan alasanmu,
Jawaban:
Karena bunyi bahasa itu diucapkan secara berurutan sehingga berpotensi untuk saling mempengaruhi atau di pengaruhi.

RANGKUMAN
Fonologi dibagi menjadi dua kata yaitu fone yang artinya bunyi dan logis/logos (ilmu) maka dapat diartikan fonologi adalah ilmu tentang bunyi atau dapat dituliskan dalam bagan di bawah ini.

Fonologi

Fone logis/logos (ilmu)

Ilmu tentang bunyi

- Fonetik yaitu ilmu yang mempelajari bunyi bahasa tanpa membedakan apakah bunyi-bunyi tersebut mempunyai fungsi sebagai pembeda makna atau tidak.
- Fonemik adalah ilmu yang mempelajari bunyi bahasa membedakan apakah bunyi-bunyi tersebut mempunyai fungsi sebagai pembeda makna atau tidak.
- Fonetik dibedakan menjadi :
Fonetik Artikularis
Fonetik Akustik
Fonetik Auditoris

KESIMPULAN
Dalam buku fonologi bahasa Indonesia mahasiswa dapat memiliki pengetahuan, pemahaman dan penguasaan yang memadai tentang konsep-konsep dasar yang berkaitan dengan fonologi, analisi fonem, perubahan fonemis, suku kata dan problem fonologis bahasa Indonesia.

.

About these ads