KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Tuha yang maha kuasa yang telah memberkati saya dan telah memberikan kesehatan kepada sya untuk menyusun makalah ini, syaa sangat berterimakasih kepada Tuhan karena saya masih bisa membuat makalah ini sampai selesai.
Dalam pembuatan makalah ini mugkin masih banyak kesalahan yang terdapat dalm makalah karena saya manusia biasa mempunyai keterbatasan. Dari kekurangan dan keterbatasan saya, saya dapat menerima kritik dan saran si pembaca makalah ini. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

BAB I

A. Latar Belakang Masalah
1. Menyimak Dalam Kehidupan Sehari-Hari
Menyimak mungkin kita lakukan hampir setiap saat. Banyak sekali kita lakukan kengiatan menyimak sepertisaat kita mendengarkan pembicaraan orang lain atau saat kita bebicara sesame teman, disitu juga sudah ada proses menyimak.
Dalam kengiatan belajar mengajar para siswa dan tenaga pengajar terjadi proses menyimak ketika guru menerangkan didepan kelas, siswa menerangkan apa yang diterangkan oleh guru.
Kemampuan menyimak kita dapat juga dipengaruhi oleh pernanan kita dalam masyarakat sebagai guru dan pendidik,, maka kita ingin sekali menyimak ceramah dan menyimak masalah-masalahdalam masyarakat menyimak tersebut mempunayi tujuan utnuk mengetahui.

B. Rumusan Masalah / Batasan Masalah
Banyak kengiatan menyimak yang kita lakukan dalm kenngitaan sehari-hari yang tidak mempunnyai tujuan tertentu atau menyimak sedikit –dedikit dan diabaikan begitu saja kengiatan menyimak yang kita lakukan tidak dengan keseriusan.
Penyebab tidak terwujutnya menyimak yang baik :
1. Penyimak tidak mempunyai tujuan
2. dalam menyimak tidak menggunakan tahap menyimak
3. tidak melakuakn tahap dalam proses menyimak
4. berpikir tidak ada fungsinya menyimak.

BAB II

A. Landasan Teori
TEORI YANG DIGUNAKAN
1. Teori Hunt
2. Teori Strickland dan andeson

B. Jawapan-jawapan Masalah.
Agar terwujudnya menyimak yang baik:
1. Mempunyai tujuan.
Tujuan menyimak ada 8
a. Menyimak dengan tujuan utama aar dapat memperoleh pengetahuan dari bahan ujaran sang pembicara, menyimak untuk belajar
b. Menyimak agar dapat menikmati terhadap suatu materi yang diajarkan atau didengarkan
c. Menyimak untuk mengevaluasi
d. Menyimak untuk mengapresiasi materi simakan
e. Menyimak untuk mengkomunikasikan ide-idenya sendiri
f. Menyimak untuk memecahkan masalah
g. Menyimak untuk menyakinkan dirinya terhadap suatau masalah yang slama ini ia ragukan
2. Menggunakan tahap dalam menyimak
Ada 5 tahap menyimak
1. Tahap mendengar
Dalam tahap ini kita mendengarkan sesuatu yang dikemukakan oleh sang pembicara dalam ujaran atau pembicaraannya.
2. tahap memahami
setelah mendengar maka ada keinginan kita untuk memahami dengan baik isi pembicaraan.
3. tahap menginterprestasi
menyimak tidak cukup hanya mendengar,memahami isi ujaran kemudian menafsirkan atau menginterprestasikan isi ujaran
4. tahap mengevaluasi
setelah memahami serta dapat menafsir atau menginterprestasikan isi ujaran, penyimak pun mengevaluasi pendapat serta gagasan sang pembicara
5. tahap menanggapi
penyimak menerima, mencamkan, menyerap gagasan atau ide yang dikemukakan oleh sang pembicara, kemudian penyimak akan menanggapi hasil ujaran ataupembicaraan tersebut.
3. fungsi menyimak
ada 4 fungsi menyimak
1. menyimak untuk memperoleh informasi yang berkaitan dengan profesi
2. menyimak agar membuat hubungan antar pribadi lebih efektif
3. menyimak untuk mengumpulkan data agar dapat membuat keputusan yang masuk akal
4. menyimak agar dapat memberikan response yang tepat

BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN

- Dengan menyimak ujaran seseorang kita bisa tau yang sebelumnya kita tidak mengerti
– Menyimak bisa menambah pengalaman kita dari suatu ujaran yang kita dengar
– Menyimak juga akan menambah pengetahuan kita
– Dengan menyimak bisa untuk memecahkan masalah

DAFTAR PUSTAKA
1. Anderson; Pauls.1972. Languange in elementary education. New york: Macmilan publishing co,inc
2. Hant; Gary T.1981. Public spraking wood cliffs, New jersey: prentice-hall.inc
3. stricland; Ruth.1957. The language arts in the elementary school. Baston: health
4. Tarigan; Henry guntur. 1986. Membaca sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung penerbit angkasa

About these ads